Saat wabah pandemi seperti Covid-19, jumlah penyebaran sangat cepat. Mendirikan rumah sakit tambahan membutuhkan waktu. Tenda posko hadir sebagai solusi yang memberikan beberapa manfaat seperti untuk rapid test, test swab, bahkan untuk posko di rumah sakit khusus pandemi.

Data terkini jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia terus bertambah. BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) terus melancarkan strategi untuk menekan penyebaran. Dalam hal ini, BNPB akan membutuhkan banyak tenda posko baik yang terbuat dari terpal maupun membrane sebagai sarana pendukung gugus tugas di seluruh Indonesia.

Tidak hanya untuk wabah Pandemi, tenda seperti ini juga banyak digunakan dalam menangani bencana. Seperti gempa di Lombok dan Tsunami di Aceh. Berbagai macam tenda sangat dibutuhkan sebagai bangunan sementara. Baik untuk pusat operasi maupun untuk penampungan atau pengungsian.

Beberapa Manfaat Tenda Posko Dalam Hadapi Pandemi Korona

Seperti kita ketahui, rapid test masih rutin dilakukan di Jakarta dan beberapa kota lainnya yang mengalami penyebaran virus korona cukup tinggi. Rapid test ini dilakukan di tiap kecamatan hingga kelurahan dimana terdapat banyak ODP dan PDP. Tenda posko sangat mendukung pihak BNPB dalam melakukan rapid test.

Dengan fleksibilitas yang tinggi, tenda untuk rapid test dapat dipasang dan dicopot. Sehingga, ketika berpindah ke lokasi lain, tenda tersebut dapat dipakai kembali. Ini memberi penghematan dimana kebutuhan untuk sarana rapid test cukup tinggi ditengah situasi pandemi.

Selain itu, untuk di rumah sakit khusus pandemi seperti di Wisma Atlet Kemayoran atau di Pulau Galang, tenda terpal untuk posko selalu dibutuhkan. Gunanya sangat bermacam-macam, mulai dari untuk posko penjagaan, hingga tempat untuk merawat pasien ketika ruangan sudah tidak mencukupi.

Terkadang, tenda ini juga digunakan untuk sarana penampungan logistik dan shelter untu